VIVAnews – Akhir Juni silam, Microsoft resmi merilis Windows 8.1, pembaharuan sistem operasi Windows 8, dalam temu konferensi tahunan pengembang di San Francisco, Amerika Serikat.

Hari ini, dikabarkan ZDNet, Microsoft tengah memberikan sentuhan akhir pada Windows 8.1. Jika tidak ada halangan berarti, pengguna bisa langsung mencicipi sistem operasi terbaru itu pada bulan Oktober mendatang.

Sebelumnya, Microsoft dilaporkan bekerja sama dengan sejumlah vendor laptop dalam mengadopsi Windows 8.1 sekitar bulan ini. Sejauh ini, Microsoft memenuhi janjinya untuk mengantarkan Windows terbaru sebelum akhir tahun.

Menurut sumber internal Microsoft, pada bulan Oktober nanti, Windows 8.1 diharapkan sudah bisa diperkenalkan melalui sejumlah notebook baru, dan bisa diadopsi oleh beberapa notebook lama yang bisa mendukung.

“Notebook lama yang ingin melakukan upgrade ke Windows 8.1 juga bisa, selama spesifikasinya mendukung. Sebab itu, kami ingin mengoptimalkan sisa waktu yang ada untuk menguji driver dan mencari celah (bug) pada Windows 8.1 agar berjalan mulus saat sampai ke tangan publik,” tutursumber itu.

Sistem operasi Windows terbaru ini disebut-sebut mempunyai desain yang fresh dan didukung beberapa peningkatan baru, termasuk dukungan pada layar perangkat kecil, seperti komputer tablet.

iBerita.com – Setelah Windows 8 sukses diluncurkan dan mendapat berbagai masukan dari para penggunanya, kini Microsoft kembali akan merilis jenis Windows terbaru, Windows 8.1. Sempat diisukan akan dirilis para bulan Agustus ini, namun ternyata sistem operasi PC yang sudah hadir dalam beberapa generasi itu akan kembali dirilis pada bulan Oktober mendatang.

Bahkan untuk merayakan kelahiran Windows 8.1 ini beberapa bulan yang lalu, Microsoft menyelenggarakan kontes untuk menemukan celah atau bug pada Sistem Operasi terbaru mereka. Para hacker ditantang kemampuannya untuk dapat menemukan kelemahan dari sistem terbaru mereka yang terbilang inovatif ini. Selain itu Microsoft telah melakukan beberapa perbaikan setelah mendapatkan banyak masukan dari Windows 8 yang telah lebih dulu diluncurkan.

Pengunduran waktu rilis Windows 8.1 ini juga tidak lepas dari finalisasi program agar tidak ada lagi bug yang mengganggu sehingga nantinya dapat memuaskan para penggunanya saat telah beredar di pasaran. Microsoft akan meluncurkan Windows 8.1 versi RTM (Release to Manufacture) ke kalangan terbatas dahulu, OEM pada akhir bulan ini. Hal ini untuk memastikan agar tidak ditemukan lagi bug yang baru dalam Windows 8.1.

Perubahan baru yang dilakukan oleh Windows 8.1 adalah tombol start yang sempat dihilangkan pada Windows 8 kembali dimunculkan. Namun demikian, tetap ada perbedaan yang signifikan dengan tombol start yang muncul di Windows 7 atau seri-seri yang sebelumnya. Microsoft masih tetap mempertahankan Modern UI (tampilan kotak-kotak) sebagai interface default Windows 8.1. Namun demikian, tampilannya akan dibuat semakin bersahabat dengan keyboard dan mouse.

Untuk kepastiannya, kita tunggu saja bulan oktober mendatang.

Quote:
KOMPAS.com — Pengembangan Windows 8.1, yang sebelumnya dikenal dengan nama kode Windows Blue, dikabarkan sudah mendekati tahap akhir. Produk ini pun akan hadir tidak lama lagi, yaitu pada Oktober 2013.

Menurut sumber yang mengaku dekat dengan rencana Microsoft, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (13/8/2013), perusahaan tersebut akan melakukan penyelesaian, atau setidaknya merilis versi Release to Manufacturing (RTM), Windows 8.1, tetapi tidak akan melepas sistem operasi baru ini ke pasaran setidaknya hingga bulan Oktober 2013.

Microsoft sendiri sudah berencana untuk merilis versi final Windows 8.1 kepada para rekan dan juga vendor PC di bulan ini juga. Sambil menunggu tanggal perilisan, para rekanan dapat melakukan pengujian driver di sistem operasi tersebut.

Bersamaan dengan waktu rilis Windows 8.1, pasaran gadget akan dibanjiri dengan perangkat berbasis sistem operasi tersebut, termasuk produk dengan layar berukuran 7 hingga 8 inci.

Windows 8.1 sendiri diperkenalkan secara resmi dalam konferensi Build 2013 di San Francisco, Amerika Serikat, pada akhir bulan Juni 2013 yang lalu.

Windows 8.1 mengusung sejumlah perubahan yang bertujuan mengatasi keluhan-keluhan terhadap interaksi dengan pendahulunya, Windows 8.

Microsoft mengadakan kembali tombol “Start” yang sempat absen dari Windows 8. Tombol ini hanya menampilkan layar Start Screen ala “Metro” ketika di-klik, tetapi Microsoft menambahkan beberapa perubahan untuk menunjang fungsi layar tersebut.

Layar lock screen pun tak luput dari perubahan. Kini pengguna bisa memasang slideshow foto, menerima panggilan Skype, dan mengakses kamera langsung dari layar tersebut.

Microsoft juga menambahkan beberapa tutorial agar pengguna tidak kebingungan saat menggunakan sistem operasi ini. Windows 8.1 tersedia sekitar 12 bulan setelah Windows 8 memulai debutnya pada Oktober 2012 lalu.

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/520b6e04feca171079000004/microsoft-rilis-windows-81-oktober-mendatang/

Iklan