Selain beragam mobil listrik seperti Tucuxi, Selo dan Arimbi, Menteri BUMN Dahlan Iskan juga berambisi untuk membuat motor bertenaga listrik. Ini model motor listrik yang penciptaannya didukung Dahlan Iskan.

Seperti halnya Arimbi dan Selo, desain motor listrik ini bisa kita lihat di buku Electric Car Made in Indonesia, Karya Pandawa Putra Petir Binaan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang diterbitkan oleh PT JePe Press Media Utama.

Listrik bagi banyak kalangan memang dianggap sebagai tenaga penggerak masa depan di tengah kenyataan kalau cadangan minyak bumi yang tersedia sudah jauh berkurang.

Adapun motor listrik ini dibuat oleh Mario Rivaldi yang merupakan bagian dari tim bernama ‘Pandawa Putra Petir’, tim khusus ini berisi insinyur yang dikumpulkan oleh Dahlan untuk menggali potensi kendaraan listrik di Indonesia.

Berbeda dengan rekan-rekannya seperti Dasep Ahmadi, Danet Suryatama, Ravi Desain dan Ricky Elson yang mengembangkan mobil listrik, Mario dipercaya untuk mengembangkan motor bertenaga listrik.

Mario fokus menciptakan sepeda motor listrik di Bandung. Pemuda ini sempat kuliah di ITB sebelum meneruskan kuliah di bidang teknologi di Manchester, Inggris dan meraih rangking satu di departemennya.

Pada awal tahun ini, Dahlan pernah mengatakan kalau sepeda motor listrik tersebut akan dibanderol dengan harga Rp 20 juta per unit.

Sepeda motor bebek listrik yang relatif mahal ini, lanjut Dahlan, jika diproduksi secara massal maka harganya bisa lebih murah. Sayangnya Dahlan tak menyebutkan kapan sepeda motor ini siap diproduksi secara massal.

Berbekal baterai listrik yang digendongnya, motor listrik ini mampu menempuh perjalanan hingga 200 km sekali setrum atau charge.

Dilihat dari tampangnya, motor listrik buatan Mario ini tampak seperti crossover. Modelnya berbentuk skutik, namun memiliki ground clearance yang tinggi.

Sementara itu, karena motor ini tidak menggunakan mesin konvensional seperti layaknya motor kebanyakan, maka tidak heran bila mesin yang biasanya ada di bagian samping-belakang motor kini tidak lagi ditemukan.

Sementara itu, baterai listrik motor ini kemungkinan ditempatkan di bawah jok.

Iklan