Pernakah Anda melihat seorang pejabat tertidur saat atasannya tengah berpidato atau memberikan arahan? Peristiwa itu terjadi dalam sidang paripurna di DPRD DKI Jakarta, Rabu (13/3).

Saat itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tengah menyampaikan jawaban tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017.

Namun, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta Anas Effendi yang duduk di bagian sisi kanan ruang paripurna dan di tengah-tengah rekan-rekannya justru pulas tetidur.

Sesekali, tampak Anas menjatuhkan posisi kepalanya ke kiri karena kehilangan kesadaran akan kantuknya. Duduk di sebelah kiri Anas, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) I Made Karmayoga.

Mantan wali kota Jakarta Selatan itu tak sadar jika hal itu membuat perhatian sejumlah awak media. Anas terbangun dari tidurnya setelah rapat paripurna dinyatakan selesai dan ditutup oleh Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan.

Jokowi pun sempat melontarkan sindiran atas kelakuan anak buahnya itu. “Habis nonton bola ya berarti ngantuk. Ya lah nggak usah ngomong semua orang juga tahu,” ujar Jokowi di Balai Kota Jakarta.

Anas sendiri beralasan kurang tidur karena habis menonton pertandingan Liga Champion Barcelona versus AC Milan. “Ngantuk itu hal yang manusiawi. Saya habis nonton sepak bola, Barcelona melawan AC Milan,” ujar Anas di Jakarta, Kamis (14/3).

Anas meminta kejadian itu tidak dibesar-besarkan oleh media. Pasalnya, dia khawatir kariernya akan semakin parah di bawah kepemimpinan Jokowi-Ahok.

“Jangan dibesar-besarin lah. Ini situasi lagi seperti ini, nanti tambah parah lah,” katanya.

Anas mengaku tidak mendapatkan teguran dari Jokowi, sebab ketiduran saat rapat kemarin dinilainya sebagai hal yang wajar. “Tidak ada teguran dari Bapak Jokowi, masalahnya ngantuk hal yang wajar,” tandasnya.

Dulu saat dicopot dari posisi wali kota Jakarta Selatan, Anas mengklaim telah menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Namun, Jokowi pernah menyindir soal ekslusifnya para pejabat di lingkungan wali kota Jakarta Selatan kala itu.

Selang berapa lama kemudian, Jokowi mencopot Anas dari posisi wali kota Jakarta Selatan dan memutasinya menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Sikap Anas yang tertidur pulas saat atasannya berbicara itu menjadi salah satu bentuk kelalaiannya sebagai bawahan dan pelayan masyarakat. Lantas bagaimana mau melayani rakyat jika pidato atasannya saja tak didengarkan?

https://i1.wp.com/klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/03/15/163674/540x270/tidur-saat-rapat-gara-gara-bola-bagaimana-mau-urusi-rakyat.jpg

sumber : http://www.merdeka.com/jakarta/tidur-saat-rapat-gara-gara-bola-bagaimana-mau-urusi-rakyat.html

Iklan