Perusahaan-perusahaan terkaya di dunia memiliki aset dengan jumlah tak terbayangkan orang biasa. Hanya saja, dua hari terakhir ada peristiwa besar karena tahta perusahaan terkaya sejagat baru saja berganti.

Momen penutupan bursa saham Wall Street di Kota New York, Amerika Serikat kemarin menyuguhkan kejutan besar. Perusahaan minyak ExxonMobil kembali merengkuh tahta sebagai perusahaan paling kaya di dunia.

Raksasa minyak kawakan ini berhasil menggeser posisi Apple Inc, yang bertahta sejak awal tahun lalu, seperti dilansir Reuters, Sabtu (26/1). Kondisi ini mengejutkan ratusan ribu pialang di dunia. Pasalnya, sampai triwulan III 2012, produsen komputer tablet iPad itu masih menjadi perusahaan terkaya di dunia dengan nilai aset mencapai USD 590 miliar.

Lima perusahaan terkaya dunia dengan total aset USD 1,5 triliun

Merosotnya kekayaan Apple disinyalir karena seretnya penjualan produk telepon seluler iPhone 5 akhir tahun lalu. Pada penutupan perdagangan kemarin, saham perusahaan berlogo buah apel berlubang itu ditutup pada level USD 10,3 per lembar, alias turun 2,3 persen.

Terlepas dari pertarungan dua perusahaan multinasional itu, sebetulnya ada tiga perusahaan raksasa lain menguntit perolehan aset Apple dan ExxonMobil. Meski selisih nilai asetnya tercecer jauh, tapi ketiganya tidak kalah tajir.

Bahkan, bila seluruh aset kelima perusahaan ini digabung jumlahnya mencapai USD 1,5 triliun. Kekayaan para raksasa bisnis ini 10 kali lipat dibanding produk domestik bruto 20 negara paling miskin di Benua Afrika.

Siapa saja perusahaan itu, simak daftarnya berikut:

1. EXXONMOBIL

Selama lima tahun terakhir, perusahaan ini didapuk majalah Forbes sebagai yang terkaya di dunia. Hanya saja, suksesnya produk-produk Apple sejak akhir 2010, membuat tahta ExxonMobil digeser pelan-pelan. Puncaknya, pada Januari 2012, Apple benar-benar melengserkan perusahaan minyak ini.

Namun peruntungan ExxonMobil berubah, setelah penjualan iPhone 5 tidak sesuai harapan. Gelar perusahaan terkaya di dunia kembali disandang.

Saat ini perusahaan yang berkantor pusat di Kota Texas, Amerika Serikat ini memiliki total kekayaan sebesar USD 418 miliar atau setara Rp 4.043 triliun. Usahanya tidak hanya terbatas pada eksplorasi minyak, namun juga memproduksi petrokimia.

Di Indonesia ExxonMobil menggarap beberapa sumur minyak dan gas. Contohnya tiga sumur Blok Mandar, Selat Makassar, Sulawesi Barat.

Lima perusahaan terkaya dunia dengan total aset USD 1,5 triliun

2. APPLE

Saat ini, kekayaan total Apple sebesar USD 413 miliar alias Rp 3.986 triliun. Produsen gadget teknologi yang mencuat namanya berkat iPod, iPhone, dan iPad ini sebetulnya berada dalam performa bagus pertengahan tahun lalu. Bahkan, banyak analis percaya Apple akan menjadi perusahaan pertama di dunia yang mampu memiliki kekayaan total USD 1 triliun.

Apa mau dikata, produk teranyar besutan Apple, yaitu iPhone 5, tidak terjual sesuai target. Para pemegang saham banyak yang panik dan buru-buru melakukan aksi jual.

Posisi CEO Tim Cook pun dalam tekanan para pemegang saham. Penurunan nilai saham ini pertama kali terjadi sejak perusahaan yang berkantor pusat di Kota Cupertino, Amerika, ini ditinggal mati pendirinya yang ternama, Steve Jobs, dua tahun lalu.

Lima perusahaan terkaya dunia dengan total aset USD 1,5 triliun

3. GOOGLE

Pembesut mesin pencari Internet paling populer di dunia ini berada di posisi ketiga perusahaan paling kaya sejagat. Produk yang dihasilkan Google merambah pelbagai aspek, meliputi jejaring sosial sampai perangkat lunak pengolah kata yang menyaingi Microsoft Office.

Hanya saja, beberapa investasi Google tidak terlalu sukses, misalnya Google+ yang sampai sekarang masih terengah-engah menyaingi Facebook dan Twitter.

Namun, perusahaan yang didirikan oleh duo Larry Page dan Sergey Brin pada 1998 itu bisa sedikit sumringah terkait proyek Android. Piranti lunak untuk telepon pintar itu kini menguasai pasaran dunia. Alhasil kekayaan Google ditaksir mencapai USD 248 miliar atau Rp 2.393 triliun.

Lima perusahaan terkaya dunia dengan total aset USD 1,5 triliun

4. WAL-MART

Kekayaan Wal-Mart saat ini mencapai USD 230 miliar atau Rp 2.219 triliun. Perusahaan yang usaha utamanya bergerak di sektor ritel pertokoan ini dimiliki oleh keluarga Walton. Meski pemiliknya sudah uzur, performa perusahaan ini masih saja prima.

Perusahaan ini memiliki jaringan ritel raksasa berupa gerai minimarket, supermarket, sampai hypermarket. Di Amerika dan Eropa, Wal-Mart merupakan toko eceran dan grosir nomor satu.

Sampai sekarang, setiap produk bermimpi dijual ke Wal-Mart. Pasalnya, berhasil masuk di etalase toko itu sama dengan dipasarkan ke jutaan konsumen dari pelbagai usia dan latar belakang.

Lima perusahaan terkaya dunia dengan total aset USD 1,5 triliun\

5. MICROSOFT

Perusahaan milik taipan kondang Bill Gates ini mulai terengah-engah di jagat industri teknologi informasi. Meski kekayaannya relatif sulit dikejar pesaing, namun dari segi pemasaran, banyak produk Microsoft gagal di pasaran.

Kabar terbaru adalah lesunya penjualan perangkat lunak Windows 8. Rupanya banyak pengguna komputer di dunia masih belum siap mengganti sistem operasi mereka dengan aplikasi yang banyak memanfaatkan layar sentuh.

Alhasil, momen kebangkitan Microsoft di sektor TI dalam mengejar prestasi Apple dan Google masih butuh waktu. CEO Steve Ballmer saat ini berharap penjualan ponsel Nokia yang memakai sistem Windows bisa mendongkrak kekayaan perusahaan ini.

Secara keseluruhan, nilai aset Micorsoft mencapai USD 230 miliar atau setara Rp 2.219 triliun.

Lima perusahaan terkaya dunia dengan total aset USD 1,5 triliun

Iklan