Mendengar nama kari mungkin anda langsung membayangkan makanan dengan kuah agak kental berwarna kuning keemasan yang beraroma kuat dan berasa sedikit pedas. namun ketika kita ditanya darimana asal kari mungkin akan terjadi beberapa perdebatan diantara kita. ada yang mengatakan bahwa kari berasal dari india, ada juga yang mengatakan dari jepang, dsb.

Inilah keunikan kari. Meski belum diketahui negara mana yang mengenalkannya pertama kali, makanan yang identik dengan asia ini tetap populer di berbagai belahan dunia. hal yang membuat perdebatan tentang kari semakin kuat adalah kenyataaan bahwa beberapa negara memiliki kari walaupun mirip tapi sedikit berbeda.

lalu negara apa sajakah itu? apa saja perbedaannya? penjelasannya ada di bawah ini:

1. India

Spoiler for india:

Kari India merupakan salah satu masakan yang terkenal dalam dunia kuliner. Kari India dibuat dari 25 jenis rempah-rempah khas India yang dikombinasikan bersama kunyit, cabe, jahe, ketumbar, cengkeh, kayu manis, merica, cabai, kapulaga, biji jinten, bawang putih, pala, daun salam koja dan bubuk paprika.

Bumbu-bumbu tersebuit kemudian dihaluskan menggunakan batu dan dicampur dengan santan kental dan krim serta buah-buahan kering. Kari India biasanya memiliki rasa agak asam karena menggunakan jeruk nipis, tomat dan yoghurt. Untuk menambah aroma, tak lupa memasukkan beberapa tanaman herbal kemudia kari disantap dengan nasi atau roti cane yang mereka sebut nan.

2. Arab

Spoiler for arab:

Karahi adalah salah satu kari yang cukup populer di Arab. Kari ini diisi dari perpaduan daging ayam atau daging domba. Yang menjadi keunikan dari karahi adalah proses pemasakannya yang menggunakan bawang putih dan cuka. Selain itu ada untuk memperkuat cita rasanya, kari ini juga kerap menggunakan tambahan tomat dan ketumbar.

3. Jepang

Spoiler for jepang:

Kari di Jepang adalah makanan yang populer dan digemari. Mereka lebih akrab menyebut kari dengan nama kare. Kuah kari di Jepang memang terkenal dengan kekentalannya, hal ini karena mereka menambahkan tepung dalam pembuatan kuah karinya.

Di Jepang, kari biasa dimasak dengan daging, sayur-sayuran seperti kentang, bawang bombay atau wortel dan dimakan menggunakan nasi atau udon(mie Jepang yang berukuran besar), roti goreng, atau katsu (daging yang telah dibalur tepung panir dan digoreng dengan minyak panas). Bahan dasar bumbu kari ini adalah tepung dan lemak nabati atau lemak hewani (lemak sapi atau babi).

4. Thailand

Spoiler for thailand:

Di thailand, ada berbagai jenis kari, namun dari semua kari yang ada, satu yang sangat terkenal adalah massaman curry, masakan yang biada dibuat oleh penduduk muslim thailand. isinya sendiri bervariasi, umumnya adalah daging sapi, namun bisa juga diganti dengan daging bebek atau ayam, bahkan bisa juga ditambahakan tofu di dalamnya.

kandungan kuahnya sendiri biasanya teridiri dari santan, kacang, kentang, daun salam, kayu manis, cabe, juga saus ikan. masaman curry biasa diamakan dengan nasi.

karena rasanya yang sangat enak, masaman curry bahkan pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia sebelum dikalahkan oleh rendang asal indonesia, pembahasannya dapat dilihat disini

5. Indonesia

Spoiler for indonesia:

Ternyata negara kita juga memiliki versi kari tersendiri contohnya seperti rendang, gulai dan masakan-masakan lainnya yang menggunakan santan namun kuahnya tidak kental dan rempah yang digunakan pun tidak terlalu banyak. Rempah-rempah yang digunakan antara lain jeruk purut, serai, lengkuas, daun salam, kunyit, jintan, dan ketumbar. Daerah Padang dan Aceh merupakan suku di Indonesia yang memiliki masakan tradisional seperti kari karena terpengaruh budaya Arab.

Iklan