Mencoba buat mengungkapkan apa yang ane pikirin.
Ane bersyukur bisa menjadi warga negara Indonesia, dilahirkan di negara Indonesia. Walaupun banyak kisruh-kisruh di negara ini, ane tetap bersyukur menjadi bagian dari negara ini. Kenapa?

  1. Alhamdulillah bisa menjadi bagian dari negara dengan penduduk muslim terbanyak di seluruh dunia.
  2. Menjadi bagian dari negara dengan penduduk terbanyak nomor 4 di dunia.
  3. Senangnya menjadi bagian dari negara yang memiliki sejarah perjuangan yang panjang dan luar biasa hebatnya. Dengan peralatan seadanya mampu meraih kemerdekaan dan berhasil mengusir penjajah. Perjuangan para pahlawan itu patut dijadikan teladan.
  4. Menjadi bagian dari negara yang memiliki sejuta kekayaan alam yang indah serta kekayaan budaya yang sangat tak ternilai harganya. Banyak sekali orang yang ingin mengakui maupun merebut kekayaan budaya kita dan alamnya, itu bukti kalau Indonesia punya daya tarik yang kuat.
  5. Punya lidah yang pas untuk berbagai bahasa. Ane ngerasain sendiri, lidah orang Indonesia itu mudah untuk dibelajari bahasa asing. Misalkan saja, untuk belajar bahasa inggris, lidah indonesia lebih mudah mengucapkannya dibandingkan dengan negara jepang. Orang Indonesia bisa lancar berbahasa jepang dan bisa mendapatkan cengkoknya. Tetapi orang inggris tidak bisa mengucapkan kata dalam bahasa Indonesia dengan pronounciation yang tepat. Itulah sebabnya bahasa Indonesia adalah bahasa yang Exclusive menurut ane.
  6. Bersyukur bisa menjadi bagian dari negara yang memiliki sejuta kekayaan kuliner. Di setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya dan rasanya tidak terkalahkan dibandingkan dengan masakan-masakan luar negeri. Pengalaman gue dulu ke singapur, makanannya tidak seenak di Indonesia. Jadi bersyukurlah berada di negara yang masakannya top markotop.
  7. Menjadi bagian dari negara yang menjadi penghasil emas terbanyak nomor 8 didunia. Yah walaupun kita tidak menikmatinya secara langsung karena kerakusan orang yang berkuasa tetapi itu bukti kalau Indonesia itu kaya.
  8. Senang aja bisa menjadi bagian dari negara yang menjadi pengguna HP terbanyak nomor 4 di seluruh dunia dan menjadi negara dengan pengguna facebook terbanyak nomor 3 di dunia. Ini adalah bukti kalau orang Indonesia itu mulai melek IT.
  9. Bersyukur bisa mengenal cobek dan ulekan. Well mungkin ini aneh dan ane juga gak tau di negara lain ada atau gak, tapi ini benar-benar ane syukurin. Karena bisa menggunakan cobek dan ulekan untuk memasak. Bayangkan kalau tidak ada pasangan alat tersebut, masakan Indonesia tidak akan seenak ini saudara-saudara. Coba rasakan masakan yang bumbunya di ulek dengan bumbu yang di blender. Pasti rasanya jauh lebih enak yang diulek.
  10. Beruntung bisa berada di negara yang semrawut dan dengan banyaknya predikat-predikat jelek, yang tiap hari bikin jengkel aja beritanya. Yang terakhir ini bukan bermaksud menjelekkan. Tapi dengan berada di negara yang semrawut maka kita jadi tidak betah, kita jadi terpancing untuk membangun negara ini. Dengan begitu juga kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Jadi dengan begitu kita bisa belajar untuk tidak ikut-ikutan semrawut.


Tapi semua itu tergantung dari bagaimana kita memandangnya. Dan sejauh ini ane tetap bersyukur jadi bagian dari negara ini.

Iklan