Space Shuttle

hoyy,

tadi kan aku lagi nonton tv, eh gak taunya ada acara yang lagi ngebahas tentang Antariksa, Astronot, dan sistem tata surya gitu, karna emang salah satu cita-cita ku dari kecil itu pengen banget jadi astronout, #beuh,..*kerenkan??
Gara-gara tu acara tipi, jadi kepikiran lagi dah tu cita-cita. So, karna emang lagi gak ada kerjaan, ya iseng-iseng aku nanya sama om google, kira-kira syaratnya apa aja kalo mau jadi astronot, eh gak taunya nemu, mau tau gak?? Bayar dulu dong 5 rebu.!! haha, .

Ya gak lah, nih ntar aku kasih tau, tapi sebelumnya, udah pada tau kan ya apa itu astronot?? kalo belum tau, ini aku kutip dari tante wikipedia.

Antariksawan (lazim disebut astronot) adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa.

Udah jelas belum?? kalo masih belum jelas juga mengenai gambarannya, nih aku kasih gambarnya.

keren yaa??? #Pengen
Oya, tapi perlu kalian tau kalo istilah “astronot” itu sendiri cuma ditujukan bagi para antariksawan yang berasal dari Amerika Serikat serta negara sekutu. Kalo di Uni Soviet atau Rusia itu dikenal dengan istilah “kosmonot”, sedangkan Tiongkok *Cina ya kalo zaman sekarang? #Entahlah, antariksawannya disebut dengan “taikonot”.

Antariksawan-antariksawan pertama, baik di AS maupun Uni Soviet, biasanya merupakan pilot pesawat tempur – umumnya pilot-pilot penguji – dengan latar belakang militer. Antariksawan militer biasanya menerima tanda kualifikasi khusus, dikenal di AS dengan nama Astronaut Badge setelah menyelesaikan latihan dan mengikuti penerbangan ke luar angkasa.
Seorang astronot itu sendiri merupakan gabungan antara sebuah karir, teknologi keren serta petualangan. Tetapi menjadi astronot di program luar angkasa AS tidak mudah, dan prosesnya bisa memakan waktu beberapa tahun.

oke deh, kayanya udah cukup pengenalannya, berikut merupakan syarat-syarat buat menjadi astronot secara umum,, cekiidooot…..!!!

* berkewarganegaraan AS (khusus untuk pilot dan spesialis misi)

* bergelar Sarjana teknik, biologi, fisika dan matematika dari perguruan tinggi terakreditasi atau

* Tiga tahun pengalaman dengan program terkait setelah mendapatkan gelar sarjana – Gelar master sama dengan satu tahun pengalaman, dan gelar doktor sama dengan tiga tahun.

* lulus dalam pemeriksaan NASA – untuk Pilot harus lulus Kelas I fisik; misi / spesialis muatan harus lulus Kelas II. Keduanya mirip dengan ujian penerbangan sipil dan militer.

* Untuk Pilot: berpengalaman lebih dari 1.000 jam terbang sebagai pilot dalam sebuah pesawat

* tinggi badan 162,5 cm sampai 193 cm untuk pilot, sedangkan untuk misi tinggi badan yang dianjurkan dari 148,5 cm sampai 193 cm.

Selain syarat-syarat diatas, untuk melamar menjadi seorang astronot, seseorang diharuskan mengisi formulir yang sesuai dan kemudian diserahkan kepada pihak NASA . Setelah pengajuan kamu diterima oleh pihak NASA, kemungkinan NASA akan memanggil si pelamar dalam rentang waktu satu minggu untuk wawancara pribadi, tes medis dan orientasi. Semua kinerja pelamar akan disaring dan dievaluasi, dan jika beruntung, seorang pelamar tersebut mungkin diterima sebagai calon astronot. NASA mengumumkan calon astronot setiap dua tahun, memilih sekitar seratus laki-laki dan perempuan dari ribuan pelamar.

Selama periode pelatihan, seorang pelamar yang lulus diwajibkan mengambil kelas dalam ilmu dasar. Diantaranya : matematika, astronomi, fisika, geologi, meteorologi dan oseanografi, serta sistem ruang, teknologi (navigasi, mekanika orbital, bahan pengolahan), dan antar-jemput. Juga akan dilatih dalam teknik survival darat dan laut, SCUBA, gayaberat mikro, lingkungan tinggi dan tekanan rendah, dan pakaian ruang. Selain itu,calon astronot akan diuji berenang dengan panjang kolam renang 25 meter dengan berpakaian terbang dan sepatu tenis, dan berjalan menapak didasar kolam selama 10 menit. Jika melamar untuk jadi seorang pilot , akan dilatih dipesawat jet T-38 milik NASA dan pesawat ulang-alik pelatihan minimal 15 jam setiap bulan,serta misi spesialis terbang empat jam setiap bulan. Pada akhir periode pelatihan selama dua-tahun, seorang pelamar yang lulus mungkin akan dipilih menjadi astronot, setelah itu pelatihan akan dilanjutkan pada berbagai aspek operasi pesawat ruang angkasa dengan dimulai sebagai kandidat astronot dengan bantuan seorang instruktur. Kemudian akan dilatih di simulator untuk pra-peluncuran, peluncuran, orbit, masuk dan mendarat. Tergantung pada apakah seseorang mengambil spesialis pilot atau misi, maka dari itu seorang calon astronot akan diberi pelajaran bagaimana menggunakan lengan robot pesawat untuk memanipulasi kargo, selanjutnya dilanjutkan pelatihan generik sampai layak untuk dipilih menjadi seorang astronot.

Setelah terpilih dalam misi penerbangan, seorang calon astronot akan menerima pelatihan khusus untuk misi setidaknya 10 bulan sebelum penerbangan. Ini termasuk pelatihan dalam simulator penerbangan, maket skala penuh dari stasiun antar-jemput dan ruang, dan pelatihan di bawah air untuk simulasi berjalan diruang angkasa nantinya.

Ada tiga jenis astronot dalam program luar angkasa AS:

* Komandan / pilot

* Misi spesialis

* Payload spesialis

Komandan bertanggung jawab atas misi, kru dan kendaraan. Pilot membantu komandan dalam mengoperasikan kendaraan dan menggunakan satelit. Spesialis misi bekerja dengan komandan dan pilot dalam operasi antar-jemput, melakukan spacewalks dan melakukan eksperimen. Spesialis muatan melaksanakan tugas khusus sebagai misi .

wiih, ribet banget kan??

tapi tak apa, kalo emang kalian punya niat yang kuat dan sungguh-sungguh pengen jadi astronot, ayo belajar bener-bener, karna gak ada yang gak mungkin di dunia ini kalo kita mau berusaha, ya gak?? Mari belajar dan berjuang..!!

 

Iklan